TENTANG PENTAGRAM

TENTANG PENTAGRAM.

.

Ivan Taniputera.

3 September 2019.

.

 

.

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit menulis mengenai Pentagram. Simbol ini sering disalah pahami dan dihubungkan dengan hal-hal negatif. Padahal sesungguhnya Pentagram ini merupakan lambang perlindungan atau proteksi terhadap kekuatan-kekuatan jahat yang tidak kasat mata.

.

Pentagram juga dikenal pada kebudayaan Timur dan Barat. Di kebudayaan Timur (dalam hal ini China), Pentagram dikaitkan dengan lima elemen (五行, Wuxing); yakni Kayu, Api, Tanah, Logam, dan Air.

.

 

.

Di dunia Barat, Pentagram melambangkan Jiwa (Spirit) dan keempat elemen penyusun alam semesta, yakni Air, Api, Tanah, serta Udara.

.

 

.

Karena terdapat di Kebudayaan Barat dan Timur, maka Pentagram ini mewakili suatu prinsip yang universal.

.

Jika Anda condong pada metafisika Barat, maka Anda boleh membuat liontin yang bergambar Pentagram atau boleh juga menempatkan gambar Pentagram di berbagai sudut rumah Anda.

.

Kini kita akan membahas keistimewaan Pentagram ditinjau dari cabang ilmu matematika yang disebut geometri.

.

Berikut ini adalah besar sudut-sudut pada Pentagram.

.

 

.

Nampak bahwa besar sudut-sudutnya adalah 36 derajat, 72 derajat, dan 108 derajat. Jika kita jumlahkan digit-digit angkanya, maka jumlahnya pasti 9. Perhatikan: 3 + 6 = 9; 7 + 2 = 9; 1 + 0 + 8 = 9. Dengan demikian, Pentagram nampaknya membawa pula getaran angka 9 yang kuat. Hal ini melambangkan pencarian pengetahuan spiritual yang lebih tinggi dan mendalam.

.

Selanjutnya, perhatikan bahwa Pentagram dapat dibentuk dari segilima beraturan (Pentagon), dimana Pentagram sesungguhnya adalah diagonal-diagonal Pentagon.

.

 

.

Nampak bahwa garis-garis Pentagram membentuk kembali Pentagon di dalamnya hanya saja kedudukannya terbalik. Kita dapat meneruskan proses tersebut hingga tak terhitung. Selalu saja terbentuk Pentagon-Pentagon yang terbalik dengan sebelumnya. Luas Pentagon yang besar adalah sekitar 5,331 x luas Pentagon yang kecil. Dengan demikian, luas Pentagon yang kecil adalah kurang lebih 1/5 Pentagon yang besar.

.

 

.

Kita boleh mengartikan bahwa gambar di atas mewakili filosofi bahwa di dalam Yang terdapat Yin; di dalam Yin kembali terdapat Yang; di dalam Yang terdapat Yin; dan demikian seterusnya tanpa akhir.

.

Kita sudah sedikit berkenalan dengan Pentagram. Kini kita tidak perlu takut lagi terhadap Pentagram, karena ternyata simbol tersebut memiliki makna filosofis yang mendalam.

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . . . . 

.

 

. PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements