KEADAAN PERMUKAAN PLANET VENUS

KEADAAN PERMUKAAN PLANET VENUS.

.

Ivan Taniputera.

20 Mei 2017.

.

 
 
 

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit belajar astronomi. Bagi kita yang mempelajari astrologi, tidak ada salahnya jika juga mengenal astronomi. Dalam astrologi kita memandang Venus sebagai planet yang melambangkan cinta. Namun kenyataannya, permukaan planet ini sangat mengerikan dan jauh sekali dari sesuatu yang dapat dikaitkan dengan “cinta.”

.

Venus adalah planet yang disebut sebagai Bintang Fajar atau Bintang Senja, tergantung kapan ia terbit. Jarak terdekatnya (perihelion) dari matahari adalah 107.477.000 km; sedangkan jarak terjauhnya (aphelion) adalah 108.939.000 km. Karena letaknya ini, Venus berada di luar zona planet yang dapat menunjang kehidupan (habitable zone). Adapun yang dimaksud zona penunjang kehidupan ini adalah jarak dari bintang yang diorbitnya, dimana jarak tersebut memungkinkan berkembangnya kehidupan. Oleh karenanya, mustahil ada kehidupan di Venus.

.

Permukaan planet Venus dipenuhi oleh aktifitas gunung berapi dan sangat panas. Aktifitas gunung berani itu menjadikan atmosfer Venus dipenuhi oleh Karbondioksida (CO2). Itulah yang mengakibatkan terjadinya Efek Rumah Kaca dashyat di Venus. Jadi berbeda dengan Bumi, Efek Rumah Kaca di Venus terjadi secara alami. Atmosfer Venus 96,5 % terdiri dari CO2. Oleh karenanya, keadaannya sangat menyesakkan dan mustahil bagi kita hidup di sana. Temperatur di Venus adalah sekitar 460 derajat Celsius, sehingga kita pasti akan terpanggang bila berada di sana.

.

Misi antariksa Venera 9 dan Venera 12 yang dikirim ke Venus mencatat adanya aktifitas berupa kilat di planet tersebut. Sementara itu, aktifitas gunung berapi telah dibuktikan oleh data yang dikirimkan oleh Venus Express pada tahun 2008 dan 2009. Oleh karenanya, Venus juga memiliki aktifitas cuaca seperti di di bumi.

.

Demikianlah kita sudah sedikit mengenal keadaan permukaan Venus. Ternyata Venus bukan planet yang nyaman didiami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s