TATA CARA SEMBAHYANG MEMOHON PERJODOHAN TANGGAL 7 BULAN 7 IMLEK PADA NIULANG DAN ZHINU (PENGGEMBALA DAN GADIS PENENUN)

TATA CARA SEMBAHYANG MEMOHON PERJODOHAN TANGGAL 7 BULAN 7 IMLEK PADA NIULANG DAN ZHINU (PENGGEMBALA DAN GADIS PENENUN).

.

Ivan Taniputera.

6 Mei 2017.

.

Pada kesempatan kali ini saya hendak membagikan tata cara sembahyang memohon perjodohan yang dilakukan pada tanggal 7 bulan 7 Imlek. Tata cara ritual ini diambil dari sejilid pustaka kuno dan ada kaitannya dengan hikayat Penggembala (Niulang, 牛郎) serta Gadis Penenun (Zhinu, 織女). Sebagai tambahan, ada yang menyebut perayaan tanggal 7 bulan 7 Imlek ini sebagai hari Valentine Tionghoa. Hikayat Penggembala dan Gadis Penenun telah banyak diriwayatkan di buku-buku dan juga tempat lainnya; oleh karenanya saya tidak akan mengisahkannya lagi di sini.

.

 
 

.

Tata caranya sangat sederhana dan dilakukan pada tanggal 7 bulan 7 Imlek. Sembahyang pada Niulang Zhinu (Hokkian: Goliong Citli) ini dilakukan pada malam hari. Letaknya bebas. Boleh di halaman atau teras depan rumah dan halaman belakang; asalkan tidak dekat dengan kamar mandi, WC, tempat mencuci pakaian, atau tempat pembuangan sampah. Intinya adalah tempat yang bersih dan nyaman. Arahnya juga bebas, tetapi disarankan menghadap ke luar rumah.

.

Sajiannya adalah sebagai berikut:

.

  1. Tujuh macam bunga.
  2. Sesisir pisang mas
  3. Sebuah jeruk
  4. Tujuh cangkir teh
  5. Theeliauw (manisan), yang terdiri dari angco, oco, dan kelengkeng.
  6. Dupa tiga batang.
  7. Sepasang lilin.
  8. Kayu cendana yang dibakar di bawah meja sembahyang.

.

 
 

 

.

Setelah sajian diatur di atas meja sembahyang, maka dapat mulai bersembahyang dengan menyampaikan nama, usia, serta permohonan Anda agar cepat berjumpa dengan jodoh yang baik. Selanjutnya bakar kayu cendana di bawah meja. Dalam ritual sembayang ini, diutamakan persembahan yang berbau harum (dupa, bunga, dan cendana). Persembahan berupa makanan tidak diutamakan.

.

Makna filosofis persembahan ini adalah sebagai berikut. Agar cepat mendapat jodoh, maka kita perlu membuat diri kita menjadi “harum.” Harum di sini antara lain mengacu pada nama yang harum, artinya kita harus menjaga nama baik kita sendiri. Apabila seseorang terkenal suka berjudi dan mabuk-mabukkan, apakah ada orang yang mau menjadi pasangan hidupnya? Kedua, harum di sini mengacu pada jasmani atau fisik. Artinya orang itu harus bersih penampilannya. Jikalau seseorang jarang mandi dan penampilannya kusut, adakah orang yang tertarik padanya? Penulis pernah mengenal seseorang yang sulit mendapatkan jodoh karena badannya bau. Jadi, bila ingin cepat mendapatkan jodoh ia perlu mengatasi bau badannya tersebut. Demikianlah makna filosofis tata cara ritual sembahyang ini. Seluruh ritual yang diwariskan leluhur di zaman dahulu pasti mempunyai makna filosofis, yakni mengajar generasi selanjutnya bagaimana memperoleh kehidupan yang baik di tengah masyarakat. Tanpa mengetahui makna sejati suatu ritual kita tidak mendapatkan apa-apa.

.

Sebagai tambahan, ritual sembahyang ini hanya khusus memohon terbukanya perjodohan. Jadi, jangan memohon masalah rejeki, kesehatan, dan lain sebagainya. Selanjutnya, ritual ini hanya khusus bagi yang belum pernah menikah. Bagi yang sudah pernah menikah, maka ritual ini tidak akan mendatangkan manfaat apa-apa.

.

Bagi para penggemar Astronomi, maka saya akan mengulas makna Niulang dan Zhinu dari sudut pandang ilmu perbintangan.

.

Sebenarnya Niulang dan Zhinu adalah bintang-bintang di langit. Dalam ilmu Astronomi Barat, Niulang adalah bintang Altair di Rasi Bintang Aquila; sedangkan Zhinu adalah bintang Vega di Rasi Bintang Lyra. Sungai Langit yang memisahkan mereka adalah Galaksi Bima Sakti. Sementara itu, burung magpi yang menjadi jembatan tempat perjumpaan mereka adalah bintang-bintang pada Rasi Bintang Cygnus. Memang jika disaksikan bintang-bintang itu seolah-olah membentang melalui Galaksi Bima Sakti dan menyerupai jembatan.

.

 
 

.

Dengan demikian, pembahasan kita mengenai ritual ini sudah selesai.

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . .

.

 

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s