RAMALAN UNTUK MENGETAHUI JURUSAN DAN KARIR YANG TEPAT UNTUK ADA

RAMALAN UNTUK MENGETAHUI JURUSAN DAN KARIR YANG TEPAT UNTUK ANDA.

.

Ivan Taniputera.

5 Februari 2017.

.

 

 
 

Analisa ini khusus bagi mereka yang masih bingung menentukan jurusan kuliahnya. Sebentar lagi siswa kelas XII akan menghadapi ujian nasional. Mungkin banyak siswa SMU yang masih bingung kelak hendak memilih jurusan apa saat kuliah. Gambar ini bermaksud membantu para siswa SMU yang masih bingung menentukan jurusan pilihannya. Tentu saja karena sifatnya hanya membantu, maka jangan dipercaya 100 persen. Caranya sangat sederhana. Silakan perhatikan dengan seksama gambar ini dan pilih satu gambar yang paling Anda sukai. Lalu carilah makna huruf yang Anda pilih di bagian penjelasan makna masing-masing gambar.

.

Ramalan ini juga dapat dipergunakan menentukan jenis pekerjaan atau karir yang cocok bagi Anda. Caranya sama. Jadi Anda tinggal menentukan saja, apa yang hendak Anda tanyakan (jurusan/karir) dan baca maknanya di bawah ini. Sebagai catatan, apabila Anda masih duduk di bangku SMU, maka jangan menanyakan mengenai karir. Lebih baik Anda menanyakan mengenai jurusan yang sesuai. Namun bila setelah Anda lulus SMU akan langsung bekerja, maka lihatlah bagian karir.

.

Apa yang dimaksud karir di sini lebih ke arah suasana atau nuansa pekerjaan Anda. Jadi, tidak selalu berhubungan dengan jurusan Anda. Setelah lulus kuliah barulah Anda memilih bagaimana suasana pekerjaan idaman Anda.

.

GAMBAR A.

.

Jurusan: 

.

Teknik (mesin, elektronika, otomotif, informatika, dan lain sebagainya) serta MIPA (matematika ilmu pengetahuan alam). 

.

Karir: 

.

Ini menandakan bahwa Anda cocok menekuni pekerjaan yang ada kaitannya dengan analisa dan perhitungan. Jadi Anda cocok melamar pada pekerjaan yang ada hubungan dengan menelaah data-data yang ada dan merumuskan strategi. Anda juga cocok menekuni pekerjaan yang sifatnya teknikal. Anda juga cocok dalam merancang suatu sistim. Jika hendak melamar pekerjaan, Anda boleh mencoba bagian PPIC. Jika Anda lulus jurusan teknik mesin Anda boleh melamar sebagai Mechanical Engineering Designer; begitu pula jika Anda lulus jurusan teknik elektro, komputer, dan lain sebagainya. Intinya adalah merancang sesuatu secara teknis. Namun jika Anda lulus jurusan ekonomi, Anda juga dapat merancang sesuatu yang ada kaitannya dengan bidang Anda. Apabila hendak bekerja sendiri Anda bisa membuka biro jasa teknik, bengkel pembuatan mesin, dan lain sebagainya.

.

GAMBAR B

.

Jurusan: 

.

Geologi, geografi, pertambangan, dan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan bumi. Pariwisata dan perhotelan juga cocok bagi Anda.

.

Karir: 

.

 

Anda cocok dengan pekerjaan atau karir yang mengharuskan Anda banyak mengadakan perjalanan. Anda boleh melamar pekerjaan untuk bidang survey atau penelitian lapangan. Pekerjaan sebagai marketing manager yang mengharuskan banyak bepergian juga cocok. Lowongan sebagai regional sales manager juga boleh Anda lamar. Jika hendak bekerja sendiri, maka Anda boleh mendirikan biro pariwisata.

.

GAMBAR C

.

Jurusan: 

.

Pedagogi (pendidikan), filsafat.

.

Karir:

.

Anda cocok menekuni pekerjaan yang ada kaitannya dalam mengajarkan sesuatu pada orang lain. Contoh utamanya adalah guru. Namun dapat juga Anda menjadi instruktur pada suatu perusahaan terkait bidang akademis Anda. Dengan demikian Anda boleh melamar sebagai Trainee. Selain itu, menjadi guide atau pemandu wisata juga cocok bagi Anda. Jika hendak membuka usaha sendiri juga sama. Kata kuncinya adalah mengajar atau menunjukkan sesuatu pada orang lain. Bidangnya dapat menyesuaikan dengan pendidikan akademis Anda. Sebagai contoh, jika Anda lulusan teknik mesin maka dapat menjadi trainee atau pelatih bagi operator baru. Jika hendak membuka usaha sendiri, maka lembaga bimbingan belajar juga cocok.

.

GAMBAR D:

.

Jurusan:

Hukum atau Kepolisian.

.

Karir:

.

 

Kata kuncinya adalah manajemen konflik. Oleh karenanya, Anda cocok menekuni karir di mana diperlukan suatu manajemen atau penanganan konflik yang baik. Anda adalah penengah konflik agar kedua belah pihak mendapatkan keadilan. Kata kunci lainnya adalah penegakan aturan, karena menegakkan suatu aturan disukai atau tidak peluang timbulnya konflik sangat besar. Karier yang cocok adalah dalam bidang hukum; seperti pengacara, jaksa, atau hakim. Namun Anda juga dapat bekerja di bagian HRD (Human Resource Department), dimana diperlukan pemecahan masalah konflik dengan karyawan dan juga penegakan aturan. Anda juga cocok membina karir sebagai polisi, dimana dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Anda menyukai kedisiplinan. Jika bekerja sendiri dapat membuka lembaga bantuan hukum (tentu saja jika pendidikan akademis mendukung-lulusan fakultas hukum). Namun apa pun bidang usaha yang ditekuni, Anda akan menegakkan disiplin terhadap anak buah Anda. Apabila Anda lulusan fakultas teknik, maka cocok juga melamar bidang Quality Control (QC atau kendali mutu). Anda juga bisa bekerja mandiri sebagai penasihat atau konsultan kualitas.

.

GAMBAR E:

.

Jurusan:

.

Ekonomi, perbankan.

.

Karier:

.

 

Anda cocok menapaki karir yang ada kaitannya dengan keuangan atau manajemen keuangan. Oleh karenanya, Anda boleh melamar sebagai Accountant (akuntan). Jadi Anda juga cocok mengurusi bagian-bagian yang melibatkan pencatatan atau pembukuan. Boleh juga memegang jabatan sebagai manajer data. Pekerjaan yang juga cocok melibatkan penyusunan berbagai data dan laporan ke dalam suatu susunan atau sistimatika yang tepat. Namun hal ini tidak meliputi penafsiran dan pengolahan data. Tugas Anda hanya menyusun sistimatikanya saja, sementara itu pengolahannya diserakan pada bagian lain. Dengan demikian, bidang logistic atau pergudangan juga cocok bagi Anda. Jadi, Anda boleh melamar pula sebagai Logistic Manager atau Manager Pergudangan. Jika hendak bekerja sendiri, maka Anda bisa menjadi Public Accountant atau konsultan pajak. Bisa juga menjadi konsultan keuangan bagi orang lain. Meski dapat menjadi penasihat keuangan bagi orang lain. Belum tentu Anda dapat menjadi pengatur keuangan yang baik bagi diri sendiri.

.

GAMBAR F.

.

Jurusan:

.

Teknik sipil.

.

Karir:

 .

Anda cocok menekuni pekerjaan yang sifatnya membangun sesuatu. Oleh karenanya, Anda cocok membina karir sebagai insinyur teknik sipil. Kendati demikian, Anda juga cocok membangun suatu sistim, dimana hal ini bergantung dari jurusan yang Anda tekuni sebelumnya. Sebagai contoh jika Anda lulusan teknik mesin, maka dapat membangun suatu sistim produksi yang sesuai di tempat Anda bekerja. Jika Anda lulus teknik informatika, maka Anda dapat membangun suatu jaringan komputer di tempat Anda bekerja. Kata kuncinya adalah membangun sesuatu dari nol. Dengan demikian, Anda cocok melamar di perusahaan yang masih kecil atau sedang berkembang. Apabila bekerja di perusahaan yang sudah mapan, maka tinggal sedikit lagi yang Anda dapat bangun. Anda akan merasa kurang bersemangat dan tidak dibutuhkan. Jika bekerja sendiri, Anda dapat membuka bisnis kontraktor.

.

GAMBAR G

.

Jurusan:

.

Bahasa, komunikasi.

.

Karir:

.

Jika untuk karir, maka pekerjaan yang cocok bagi Anda adalah sesuatu yang melibatkan komunikasi dengan orang lain. Anda juga cocok pekerjaan yang ada hubungannya dengan negosiasi. Jadi kalau hendak melamar pekerjaan pada orang lain, maka ada boleh mencoba kedudukan sebagai Public Relation, Negosiator, Sales, Penerjemah, dan lain sebagainya. Namun jika bekerja sendiri, maka Anda cocok memasarkan sendiri produk-produk Anda. Anda kurang cocok bekerja di belakang meja. Oleh karenanya, hindari melamar atau menekuni pekerjaan di belakang meja.

.

GAMBAR H

.

Jurusan:

.

Olah raga, kemiliteran.

.

Karir:

.

 

Ini menandakan bahwa karir atau pekerjaan yang cocok dengan Anda adalah yang melibatkan banyak tantangan. Pekerjaan yang melibatkan perlombaan dan ketegangan sangat menarik perhatian Anda. Oleh karenanya, pekerjaan yang cocok antara lain adalah atlit. Pekerjaan lain yang cocok adalah tentara, karena di dalam peperangan pasti banyak tantangan beserta ketegangan. Anda juga cocok menjadi peresensi game, khususnya game yang melibatkan pertarungan dan peperangan. Salah satu kata kunci dalam karir yang cocok bagi Anda adalah pertarungan. Jadi, Anda kurang cocok bekerja di perusahaan yang “datar-datar” saja. Perusahaan yang penuh persaingan dan saling memperebutkan kedudukan justru cocok bagi Anda. Dalam bekerja Anda membutuhkan berbagai kejutan-kejutan dan tantangan. Pekerjaan yang mewajibkan target penjualan besar malah Anda sukai dan membuat Anda merasa lebih bersemangat. Mungkin jika atasan memberikan target terlalu kecil, Anda malah protes. Intinya agar karir Anda baik, maka carilah perusahaan yang menuntut banyak dari karyawannya.

.

GAMBAR I.

.

Jurusan: 

.

 

Kedokteran, perawat

.

Karir:

.

 

Jika untuk karir , maka pekerjaan yang cocok bagi Anda ada kaitannya dengan memperbaiki sesuatu yang keliru atau rusak. Jadi Anda boleh melamar untuk bagian service atau maintenance; misalnya service manager atau maintance manager. Namun bukan hanya terbatas pada itu saja, Anda juga bisa melamar sebagai bagian audit atau juga konsultan, yakni bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kinerja perusahaan. Jika bekerja sendiri, maka Anda cocok menangani sesuatu yang ada kaitannya dengan reparasi atau perbaikan. Namun ini tidak harus diartikan harafiah. Bisa saja Anda “mereparasi” hubungan orang lain yang bermasalah. Sebagai contoh, Anda menjadi juru damai atau konseling bagi keluarga yang bermasalah. Anda juga boleh berkarir sebagai dokter. Karena dokter juga “mereparasi” tubuh manusia yang sakit.

.

GAMBAR J.

.

Jurusan: 

.

 

Seni: seni musik, lukis, dan lain-lain.

.

Karir:

.

 

Anda cocok menapaki karir atau pekerjaan yang memungkinkan Anda mencurahkan ide-ide atau gagasan Anda secara bebas. Namun ide-ide ini lebih ke arah sesuatu yang sifatnya seni dan bukan teknik atau ilmu pasti. Jadi ide-ide ini lebih ke arah sesuatu yang tidak terikat oleh pakem atau aturan. Dengan demikian, Anda boleh melamar pekerjaan sebagai Creative Designer (Perancang Kreatif). Jika hendak bekerja sendiri Anda boleh bekerja sebagai pelukis atau seniman. Anda juga cocok bekerja sebagai Software Programmer, karena pemrograman juga suatu seni. Fashion Designer (perancang busana) juga merupakan salah satu pekerjaan yang cocok, namun ini juga perlu didukung hal-hal lainnya (bakat, pendidikan, dan lain-lain). Pekerjan lain yang cocok adalah pekerjaan yang tidak melibatkan jam kerja secara pasti. Jikalau diberi target dan tenggang waktu atau jam kerja yang pasti, Anda malah merasa tertekan. Intinya adalah kebebasan penuh. Anda harus memilih perusahaan yang sanggup memberikan kebebasan penuh bagi Anda untuk berkarya. Bila tidak, Anda tidak akan sanggup bekerja lama di sana.

.

GAMBAR K

.

Jurusan: 

.

Arsitektur, desain grafis

.

Karir:

.

 

Anda cocok merancang sesuatu yang ada hubungannya dengan keindahan. Jadi di sini bukan merancang secara teknis, melainkan lebih ke arah seni. Oleh karenanya, Anda dapat melamar pekerjaan sebagai perancang grafis; misalnya di perusahaan penerbitan atau periklanan. Dengan demikian, Anda disarankan pula menguasai suatu piranti lunak untuk desain grafis, misalnya Corel Draw, Photo Shop, dan lain sebagainya. Jika lulus SMU Anda memutuskan langsung bekerja, maka disarankan belajar atau mengambil kursus tersebut. Anda juga dapat bekerja di biro arsitek (tentunya jika latar belakang pendidikan Anda mendukung). Jika bekerja sendiri, Anda juga cocok membuka biro arsitek atau menerima desain grafis.

.

GAMBAR L:

.

Jurusan: 

.

 

Pertanian, botani

.

Karir:

.

 

Kata kunci dalam karir Anda adalah “pengembangan. berkesinambungan.” Oleh karenanya, Anda boleh melamar bagian R & D (Research and Development). Anda juga dapat bergabung dengan bagian manajemen aset perusahaan, yang bertujuan mengembangkan kekayaan perusahaan. Dengan demikian, Anda juga cocok menduduki jabatan sebagai manajer investasi. Orang menginvestasi sesuatu tentunya dengan tujuan agar hartanya semakin berkembang dan bukan menyusut. Jika membuka usaha sendiri, maka Anda juga cocok membuka konsultan investasi atau perusahaan investasi. Anda juga cocok membuka suatu usaha yang kemudian difranchisekan ke orang lain. Kendati demikian, toko roti juga mungkin cocok, karena roti sifatnya “mengembang” pula. Toko tumbuh-tumbuhan atau bunga juga cocok, karena tumbuh-tumbuhan juga selalu berkembang. Pekerjaan yang harus dihindari adalah yang sifatnya rutinitas. Anda akan mengalami kebosanan luar biasa jika tidak ada sesuatu yang dapat dikembangkan lagi. Anda juga cocok menjadi konsultan atau penasihat bagi orang lain yang ingin mengembangkan usahanya..

.

GAMBAR M:

.

Jurusan: 

.

 

Manajemen aset, gizi

.

Karir:

.

 

Ini menandakan bahwa pilihan karir yang cocok perlu melibatkan dua hal pokok ini: “memelihara dan mengembangkan.” Jadi intinya dalam pekerjaan harus terdapat dua hal ini, yakni memelihara yang lama atau sudah ada dan mengembangkan yang baru. Tidak hanya mengembangkan saja, namun juga memelihara yang lama atau sudah ada. Pekerjaan yang melibatkan kedua hal ini ada banyak. Sebagai contoh, jika Anda merupakan lulusan teknik informatika, maka dapat melamar pekerjaan di bagian pemeliharaan dan pengembangan jaringan komputer. Pekerjaan yang juga dapat ditekuni adalah bidang penjualan, yang melibatkan pemeliharaan pelanggan lama dan mencari pelanggan baru. Jika dikaitkan dengan faktor pemeliharaan, maka cocok pula membuka usaha penitipan dan pendidikan anak usia dini; dimana selain mendidik berlaku pula pengembangan karakter bagi seorang anak. Selan itu, juga cocok pada bidang-bidang sosial. Pustakawan juga cocok bagi Anda; karena dalam sebuah perpustakaan Anda merawat buku-buku lama dan juga menambah yang baru. Tentu saja, pekerjaan-pekerjaan di atas hanya sekedar contoh saja. Masih banyak pekerjaan lain yang belum disebutkan.

.

GAMBAR N:

.

Jurusan:

.

 

Kimia, pangan

.

Karir:

.

 

Anda cocok pekerjaan yang terkait memadukan dan meramu berbagai hal berbeda. Tentu saja pilihan karir ada banyak. Sebagai contoh adalah juru masak; karena tugasnya adalah memadukan berbagai bahan makanan berbeda sehingga terasa lezat. Anda juga cocok menggeluti bidang terkait kimia, seperti membuat perisa buatan. Kendati demikian, dalam karir, Anda juga cocok mengumpulkan orang-orang dari berbagai latar belakang untuk membantu Anda. Dengan kata lain, Anda cocok menjadi pembentuk suatu tim, tatkala hal itu diperlukan dalam pekerjaan Anda. Anda bisa memadukan orang-orang dari berbagai kemampuan dan latar belakang untuk bekerja bersama-sama. Anda juga cocok menekuni pekerjaan yang mengharuskan Anda bergaul dengan banyak orang dari beragam latar belakang, etnis, agama, dan lain sebagainya. Jika berusaha sendiri, apabila kemampuan Anda mendukung, maka Anda dapat membuka rumah makan. Tentu saja, ini bukan satu-satunya pilihan karir atau pekerjaan. Anda juga cocok bekerja di bagian perakitan atau karoseri, karena pekerjaan tersebut juga “meramu” berbagai komponen berbeda agar menjadi suatu mesin serta perkakas.

.

GAMBAR O:

.

 

Jurusan: 

.

Psikologi

.

Karir:

.

 

Anda cocok menekuni pekerjaan-pekerjaan yang terkait “menyelami sesuatu yang tidak selalu tampak dari luar.” Sebagai contoh, adalah pekerjaan-pekerjaan yang mengharuskan Anda mengamati karakter atau kepribadian seseorang. Jadi, jika Anda lulusan psikologi, maka Anda dapat melamar pekerjaan di bidang HRD (Human Resource Department atau Bagian Sumber Daya Manusia). Anda akan merasa sangat senang jika berhasil mengetahui kepribadian seseorang yang mungkin tidak nampak dari luar, dan kemudian memanfaatkannya dalam pekerjaan Anda. Tentu saja, Anda juga cocok menjadi tenaga penjualan (sales), selama kemampuan lain mendukung (kemampuan akademis yang sesuai dan kesanggupan meyakinkan orang lain). Kata kuncinya adalah menyelami sesuatu yang berada di dalam hal lainnya. Anda juga cocok menjadi organisator atau koordinator suatu tim, karena Anda akan diperlukan menyelami kepribadian para anggota tim dan menyelaraskannya.

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . .

.

 

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s