APAKAH SHIO BERGANTI SETIAP TAHUN BARU IMLEK?

APAKAH SHIO BERGANTI SETIAP TAHUN BARU IMLEK?

.

Ivan Taniputera.

23 Desember 2016.

.

Orang-orang yang lahir menjelang atau tidak lama sesudah Tahun Baru Imlek sering bingung dan menanyakan apakah shionya. Sebagian besar orang meyakini bahwa jika sesudah melewati Tahun Baru Imlek, maka shio akan berubah. Dahulu sebelum mempelajari Bazi saya juga meyakini seperti itu, namun ternyata tidak demikian halnya. Shio tidak berganti saat Tahun Baru Imlek. Dengan kata lain, Tahun Baru Imlek bukan penentu pergantian shio. Suatu hal lain yang patut diingat adalah Bazi tidak berpedoman pada Penanggalan Imlek, melainkan Penanggalan Xia.

.

Perlu saya jelaskan bahwa yang dimaksud shio di sini adalah Cabang Bumi Pilar Tahun.

.

Mari kita ambil contoh. Tahun Baru Imlek pada tahun 2001 berlangsung pada 24 Januari. Pilar Tahun pada tanggal tersebut adalah Geng-Chen. Chen di sini adalah shio Naga. Ternyata pada tanggal 25 Januari 2001, Pilar Tahunnya juga masih Geng-Chen. Jadi jelas sekali membuktikan bahwa Tahun Baru Imlek bukan merupakan saat pergantian shio. Pilar tahun baru berubah ke Xin-Si (shio Ular) pada tanggal 4 Februari 2001.

.

 

 

.

Contoh lain adalah tahun 2007, dimana Tahun Baru Imlek berlangsung pada 18 Februari. Pilar tahun pada tanggal tersebut adalah Ding-Hai (shio Babi). Padahal pergantian Pilar Tahun Bing-Xu (shio Anjing) ke Ding-Hai sudah berganti semenjak 5 Februari 2007.

.

Pada kasus tahun 2001, maka shio baru berganti setelah Tahun Baru Imlek; sedangkan pada tahun 2007, sebelum Tahun Baru Imlek, shio-nya sudah berganti. Oleh karenanya, jika ingin mengetahui shio Anda, maka selalu pergunakan Kalender atau Penanggalan Xia.

.

Bagaimana dengan tahun 2017? Tahun Baru Imlek akan berlangsung pada 28 Januari 2017. Namun Pilar Tahun baru berganti pada 4 Februari 2017. Jadi bagi Anda yang terlahir antara 29 Januari 2017 hingga 3 Febuari 2017, maka Anda masih bershio Monyet (Cabang Bumi Shen. Baru setelah 4 Februari 2017, maka Anda mempunyai Cabang Bumi Pilar Tahun You (shio Ayam).

.

Kalender Xia merupakan penanggalan yang didasari oleh peredaran matahari. Oleh karenanya, secara astronomis dapat disimpulkan bahwa pergantian shio berlangsung setiap tahunnya saat matahari berada di sekitar 15-16 derajat Aquarius. Saat pergantian shio inilah yang dikenal dengan Lichun (立春) atau Titik Awal Musim Semi dan tidak selalu bersamaan dengan Tahun Baru Imlek.

.

 
 
 

Dengan demikian, kita sudah mengetahui bagaimana menentukan pergantian shio dengan benar.

 

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . 

.

 PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s