MERAMALKAN PENYAKIT ISTRI SEORANG SAHABAT DENGAN TAIXUANJING (太玄經)

MERAMALKAN PENYAKIT ISTRI SEORANG SAHABAT DENGAN TAIXUANJING (太玄經)

 

Ivan Taniputera

25 Januari 2016 

.

.

Istri seorang sahabat menderita penyakit. Oleh karenanya, saya mencoba meramalkan penyakit tersebut beserta kemungkinan cara penyembuhannya dengan menggunakan metoda Ramalan Taixuanjing. Didapatkan hasil sebagai berikut:

.

 
 

.

Shou 36 melambangkan sesuatu yang keras dan bertahan lama. Ia menandakan sesuatu yang terus ada atau bertahan. Istilah “keras” di sini akan saya tafsirkan sebagai membandel. Memang penyakit tersebut terus bertahan selama bertahun-tahun dan tidak kunjung sembuh. Pada bait berikutnya terdapat istilah “batas” dan “jembatan.” Ini berarti bahwa penyakit tersebut seolah-olah mempunyai “batas” atau dibatasi, yakni tidak menyebar ke mana-mana. Meskipun demikian, terdapat pula sebutan “jembatan.” Saya menafsirkan bahwa selama ini penyakit tersebut dapat dikendalikan, sehingga tidak menyeberang jembatan tersebut. Terdapat pula sebutan mengenai genderang yang ditabuh di kiri dan kanan. Suaranya nyaring terdengar. Saya menafsirkan dengan beberapa cara:

.

1) Genderang yang ditabuh suaranya bising atau berisik. Jadi penyakit ini memang memusingkan.

2) Terdengar di kiri dan kanan boleh juga diartikan bahwa jika mendengar di sebelah timur ada orang yang sekiranya dapat menyembuhkan, maka sahabat saya tersebut akan ke sana. Jika mendengar di barat ada orang yang sekiranya dapat menyembuhkan, maka ia akan ke sana. Dengan kata lain, ia telah pergi ke sana kemari guna mencari penyembuhan.

.

Namun pada kalimat selanjutnya, batasan itu dapat juga diartikan sebagai kekerasan. Saya menafsirkan bahwa kemungkinan “batas” itu juga mengacu pada penyakit tersebut. Terdapat kalimat “Di Langit tiada batasan (kekerasan).” Kemungkinan terapi yang bermanfaat ada kaitannya dengan Langit. Jadi dengan memperkuat ketenangan hati sesuai agama dan kepercayaan masing. Perlu banyak berdoa.

.

Terdapat pula pernyataan bahwa hakikat penyakit itu sebenarnya seperti Logam. Dari luar kelihatan keras, tetapi dalamnya dapat dibentuk. Oleh karenanya, untuk mengendalikan penyakit tersebut, jangan dihantam dari luarnya, melainkan harus dihantam bagian dalamnya. Jika kita menghantam sesuatu yang keras dengan kepalan tangan kita, maka kita akan merasakan sakit. Apabila hendak menghancurkan sesuatu kita perlu cari titik lemahnya.

.

Shou ini menyebutkan pula mengenai darah yang tidak stabil. Kemungkinan masalah darah ini perlu diperhatikan. Saya tidak dapat berkomentar lebih jauh, karena saya bukan dokter. Sebagai bagian terakhir, disebutkan pula bahwa batasan ini memang bisa melemah.

.

Shou 45 berarti “besar.” Terdapat penjelasan bahwa “kekuatan yang terdesak” tetap aktif. Ini menandakan bahwa penyakit tersebut meski sudah terdesak tetap mempunyai kekuatan yang aktif. Dengan demikian, ini menegaskan bahwa sulit disembuhkan total. Dijelaskan pula bahwa terdapat keuntungan dalam hal makan malam. Saya menafsirkan bahwa dalam hal ini makan malam perlu diatur. Dapat pula diartikan bahwa pengaruh paling besar terletak pada makan malam. Kemungkinan menunya perlu diatur. Tentu saja yang dapat berkomentar lebih jauh adalah seorang dokter.

.

Terdapat kalimat bahwa pengorbanan besar hasilnya kecil. Namun pengorbanan yang lebih besar lagi, hasilnya akan lebih kecil. Disambung pula dengan kalimat bahwa “pemborosan besar akan merusak diri sendiri.” Kita dapat menafsirkan bahwa mungkin untuk penyembuhan tidak perlu dilakukan upaya berlebihan. Jika terlalu berlebihan malah tidak akan membuahkan manfaat.

.

Kita dapat membaca pula bahwa “dalam kurun waktu tiga tahun, ia akan runtuh.” Kemungkinan dalam waktu tiga tahun mendatang dapat ditemukan penyembuhannya atau setidaknya cara efektif agar membuatnya lebih baik.

.

Shou 54 melambangkan perlindungan Yin dan Yang. Ini menyatakan bahwa penyakit ini hanya perlu dijaga keseimbangan antara Yin dan Yang saja. Terdapat penjelasan bahwa energi Yin akan melindungi pasangan suami isteri. Sedangkan energi Yang akan menjaga anak cucu mereka. Dengan demikian, jika anak cucu sering hadir maka itu dapat membantu pula menjaga agar penyakit tersebut tidak bertambah parah atau tetap bertahan dalam batasannya saja, sehingga tidak menyebar ke mana-mana.

.

Kesimpulan:

Menurut penafsiran saya terhadap hasil di atas, maka upaya berlebihan atau ketakutan berlebihan terhadap penyakit tersebut justru akan mempunyai dampak merusak. Penyakit itu memang akan terus bertahan, tetapi hakikatnya adalah keras atau galak di luar, namun lunak di dalam. Oleh karenanya, penyakit itu tidak bisa dihantam dari luar. Harus menembus hakikat atau inti di dalamnya. Selain itu, menjaga keseimbangan makan malam dan juga Yin serta Yang sangat dianjurkan. Kedatangan anak cucu juga bermanfaat bagi kesehatan atau proses penyembuhan.

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . .

 
PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s