SEKALI LAGI TENTANG CIONG ATAU KETIDAK-COCOKAN ANTAR SHIO

SEKALI LAGI TENTANG CIONG ATAU KETIDAK-COCOKAN ANTAR SHIO

Ivan Taniputera

15 Mei 2015

 

Saya berulang kali menerima pertanyaan dari pasangan-pasangan kekasih yang berencana menikah, namun shio mereka mengalami “ciong” atau pertentangan satu sama lain. Ada pun yang dimaksud pertentangan di sini adalah shio yang berbeda tiga atau enam tahun. Mereka menanyakan apakah hubungan percintaan tersebut sebaiknya dihentikan saja atau batal menikah?

 

Pertanyaan seperti ini datang bertubi-tubi dan saya berulang kali pula menjawabnya. Oleh karenanya, demi menghindari pengulangan tersebut  dan menghemat waktu saya memutuskan menulis artikel ini. 

 

Pertama-tama, bagi yang masih awam dalam dunia metafisika China, maka setiap orang setidaknya mempunyai empat “shio.” Yang dimaksud shio sesungguhnya adalah 12 Cabang Bumi (Dizi), yakni:

 
  • Cabang Bumi Zi = shio tikus
  • Cabang Bumi Chou = shio sapi atau kerbau
  • Cabang Bumi Yin = shio harimau
  • Cabang Bumi Mao = shio kelinci
  • Cabang Bumi Chen = shio naga
  • Cabang Bumi Si = shio ular
  • Cabang Bumi Wu = shio kuda
  • Cabang Bumi Wei = shio kambing
  • Cabang Bumi Shen = shio monyet
  • Cabang Bumi You = shio ayam
  • Cabang Bumi Xu = shio anjing
  • Cabang Bumi Hai = shio babi
 

Masing-masing tahun, bulan, hari, dan jam mempunyai shionya sendiri-sendiri. Jadi shio itu tidak hanya terdapat pada tahun saja. Bulan, hari, dan jam juga mempunyai shionya masing-masing.

 

Silakan cermati contoh di bawah ini:

 
 

Diagram di atas disebut diagram Bazi dan dibuat berdasarkan jam dan tanggal kelahiran seseorang. Masing-masing pilar tahun, bulan, hari, dan jam terdiri dari pasangan Batang Langit dan Cabang Bumi. Kita tidak akan membahas mengenai diagram Bazi ini secara lebih terperinci, karena topik pembahasan kita kali ini adalah masalah ciong atau pertentangan.

 

Perhatikan bahwa tahun mempunyai shio KUDA.

Bulan mempunyai shio NAGA

 

Hari mempunyai shio KAMBING

Jam mempunyai shio KUDA

 

Oleh karena adanya empat shio tersebut, adalah tidak beralasan dan juga tidak masuk akal jika kita hanya berpatokan pada shio tahun saja.

Seluruh elemen yang terdapat pada diagram Bazi tersebut harus diperhitungkan.

 

Tidak selamanya ciong itu buruk, terutama bila shio yang ciong itu merupakan elemen yang dibutuhkan seseorang atau unsur baik bagi pribadi tersebut. 

Untuk mengetahui bermanfaat dan tidaknya suatu elemen perlu dihitung berdasarkan keseluruhan elemen dalam diagram Bazinya.

 

Selanjutnya shio utama yang harus diperhatikan bukan shio tahun, melainkan shio pada pilar hari, karena itulah yang dipergunakan menelaah pasangan hidup atau dengan kata lain, mewakili pasangan hidup Anda.

 

Lalu jika benar-benar ciong apakah ada kiasnya? 

 

Seorang praktisi hendaknya tidak hanya sanggup mengatakan atau menentukan ciong dan tidaknya suatu pasangan. Hal tersebut adalah jauh dari memadai. Seorang praktisi sejati hendaknya sanggup memberikan solusi secara metafisika, tentu saja berpatokan dengan teori-teori metafisika yang ada.

 

Secara umum, terdapat beberapa prinsip dalam menentukan kiasnya.

 

(1) Menyibukkan shio-shio atau cabang bumi yang saling bertentangan.

 

Sebagai contoh Zi (Tikus) dan Wu (Kuda) saling bertentangan. Namun keduanya dapat dikurangi pertentangannya dengan menghadirkan You (Ayam) atau Mao (Kelinci). 

 

(2) Dengan melenyapkan salah satu cabang bumi yang saling bertentangan.

 

Sebagai contoh Zi (Tikus) dan Wu (Kuda) saling bertentangan. Namun Zi dan Chou (Sapi) dapat bergabung membentuk  elemenTanah, sehingga Zi menjadi lenyap. Wu dan Wei (Kambing) dapat bergabung membentuk elemen Api, sehingga Wu menjadi lenyap.

 

(3) Dengan menyelaraskan.

 

Contoh Air dan Api saling bertentangan. Namun dengan menghadirkan Kayu, maka keduanya menjadi selaras, karena Air akan membangkitkan Kayu, dan Kayu membangkitkan Api.

 

Oleh karenanya, segala sesuatu ada kiasnya. Jangan terburu-buru memutuskan kekasih Anda, hanya karena beda enam atau tiga tahun. Anda tidak perlu mendengarkan perkataan praktisi yang dangkal pengetahuannya. Praktisi metafisika yang baik adalah sanggup memberikan solusi bukan menambah runyam masalah. 

 

Bagaimana cara mewujudkan ketiga kias di atas secara nyata dapat menggunakan Fengshui dan lain sebagainya. Tentu saja, harus dipilih mana di antara tiga kias di atas yang terbaik. Perlu dilakukan perhitungan rumit dan tidak serampangan.

 

Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum

 

Semoga bermanfaat.

 

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, metafisika, dan lain sebagainya silakan kunjungi:

 

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s