ANALISA BAZI SEORANG TOKOH PANGLIMA PERANG

ANALISA BAZI SEORANG TOKOH PANGLIMA PERANG

.

Ivan Taniputera

18 Maret 2015

,

 

Pada kesempatan kali ini saya ingin memperbincangkan mengenai diagram Bazi seorang tokoh yang merupakan seorang panglima perang. Permasalahannya adalah kita tidak mengetahui jam kelahirannya. Dengan demikian, kita hanya dapat menampilkan saja pilar tahun, bulan, dan hari. Sebagai catatan, saya pernah membaca sebuah sumber yang menyatakan bahwa tokoh ini lahir menjelang fajar. Namun karena saya belum menemukan sumber lainnya sebagai referensi silang, maka saya biarkan saja tanpa pilar jam.

 

Berikut ini adalah diagram Bazinya:

 
 

Pertama-tama kita menyaksikan banyaknya elemen api pada diagram Bazinya. Elemen diri adalah Bing (Api Yang). Berdasarkan analisa Bazi, tokoh di atas, mempunyai kelebihan dan kelemahan sebagai berikut:

 

KELEBIHAN:

 

Merupakan sosok yang penuh semangat dan penuh tenaga. Ia cepat dalam memberikan reaksi dan tanggapan. Gemar membantu atau menolong orang yang menderita. Mempunyai jiwa yang berani dan memperjuangkan apa yang dianggapnya benar. Berhati jujur.

 

KELEMAHAN:

 

Merupakan sosok yang mudah marah, tersinggung, dan naik darah. Emosional dan bisa marah meledak-ledak. Apabila sudah marah dapat bersikap kasar dan menyerang ke sana kemari. Dapat terjerumus melakukan hal-hal yang kurang penting. Mudah percaya pada orang lain dan bisa tertipu.

 

Dengan demikian, tokoh di atas dapat menjadi tokoh dalam peperangan, karena sifatnya yang berani dan penuh semangat. Sifatnya yang mudah tersinggung mengakibatkan Beliau menerbitkan perlawanan terhadap bangsa asing yang menguasai negerinya. Perlawanan itu dipicu oleh suatu tindakan yang Beliau anggap merendahkan diri dan leluhurnya. Perlawanan itu juga dipicu oleh kepedulian Beliau terhadap penderitaan rakyat. 

 

Dekade keempat (Gui Wei 癸未). Ini merupakan dekade yang baik. Namun terjadi penghancuran (破 Po). Dengan demikian, pada dekade-dekade ini dapat menghasilkan berbagai gagasan atau ide dan kedudukan. Dengan kata lain, pikiran akan senantiasa berputar dan memikirkan berbagai hal. Meskipun demikian, juga akan mudah marah dan tersinggung. Tahun Ren Wu (壬午). Terbentuk Segitiga Arah Api (Si-Wu-Wei). Pada tahun tersebut memperoleh kedudukan di istana. Tapi kedudukan itu tidak memuaskan Beliau, karena segenap ulusan dikendalikan oleh penjajah. 

 

Tahun Yi You (乙酉) mengawali perlawanannya. Perhatikan bahwa You atau Logam merupakan elemen yang ditaklukkan oleh Api. Logam juga melambangkan senjata. Kebetulan Logam juga merupakan elemen yang baik bagi tokoh ini. Perlawanan mulanya menuai keberhasilan dan sangt memusingkan penjajah.

 

Meskipun demikian, memasuki Dekade kelima (Ren Wu 壬午) muncul unsur api yang merupakan unsur kurang baik, sehingga perlawanan mulai mengalami kemunduran. Terdapat bintang simbolis: Jiangxing, Hongyan, Xianchi, dan Yangren. Karenanya, yang patut diwaspadai tokoh ini juga akan mudah terpikat oleh wanita. 

 

Pada tahun Geng Yin (庚寅), terbentuk Segitiga Api (Yin-Wu-Xu), akibatnya elemen api selaku elemen buruk menjadi semakin kuat. Karena ditipu oleh penjajah, maka Beliau dapat ditangkap.

 

Dekade berikutnya juga kurang baik dan Beliau menghabiskan hidupnya dalam tawanan musuhnya.

 
 

Kesimpulan: Pilar dekade dan tahun sangat penting guna menentukan apakah perjalanan nasib baik atau tidak. Sementara itu, unsur-unsur dalam diagram Bazi seseorang sangat penting guna mengenali karakter seseorang. 

 

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, astrologi, Bazi, Ziweidoushu, dan Fengshui, silakan kunjungi: