ANALISA BAZI SEORANG TOKOH WANITA

ANALISA BAZI SEORANG TOKOH WANITA

.

Ivan Taniputera

27 Januari 2015

.

Berikut ini adalah Bazi seorang tokoh wanita. Kita akan mencoba menganalisanya.

 
 

Kendalautama  dalam menganalisa Bazi ini adalah kita tidak mengetahui jam lahirnya secara pasti. Namun meski tanpa jam lahir pun, sudah menarik dianalisa.

 

Nampak bahwa elemen Kayu selaku Elemen Diri (Day Master) dikepung oleh elemen Tanah. Kayu merusak Tanah. Ini berarti bahwa Kayu harus berjuang keras melawan Tanah. Memang dalam hidupnya tokoh wanita ini banyak mengalami perjuangan. Ia akan berjuang menegakkan jati dirinya, sebagaimana halnya elemen Kayu yang melawan Tanah.

Tanah di sini melambangkan adat istiadat yang berlaku pada masanya dan dianut dengan gigih oleh orang tuanya. Tokoh wanita ini berjuang keras menentang adat tersebut.

 

Guna menegakkan jati dirinya, maka wanita yang berelemen diri kayu tersebut, akan berpaling pada kegiatan yang berunsur kayu, seperti tulis-menulis. Pada kenyataannya, ia mengadakan surat-menyurat dengan kawannya yang ada di seberang lautan. Isi surat-surat tersebut mendambahkan kemajuan bagi kaum wanita sebangsanya, yang masih dikungkung oleh adat. Surat-menyurat itu kemudian dijadikan sebuah buku.

 

Tanah adalah elemen kekayaan. Oleh karena itu, orang tuanya adalah boleh dikatakan orang kaya. Namun kaya di sini lebih diartikan terpandang, karena mereka adalah keluarga bangsawan. Perhatikan bahwa pilar tahun ditempati oleh elemen kayu yang berenergi tunggal menembus langit. Pilar tahun melambangkan kakek nenek, yang berelemen sama dengan Elemen Diri, Kayu melambangkan pendidikan. Pada kenyataannya sang kakek adalah pencetus atau pengusul berdirinya sekolah kedokteran di sebuah negeri. Tokoh wanita ini juga mendirikan sekolah bagi kaum wanita sebangsanya.

 

Tanah juga berada di istana pasangan hidup. Elemen Tanah ini sama dengan elemen pada pilar Bulan yang melambangkan orang tua.  Ini menandakan bahwa ia menikah dengan sesama kaum bangsawan juga. 

 

Perhatikan bahwa terjadi chong atau clash antara Chen di pilar bulan dan Xu di pilar hari. Chen dan Xu disebut gudang.

 

Chen mempunyai energi utama Wu (戊, tanah) dan elemen tersembunyi lain Yi (乙, kayu) serta Gui (癸, air).

Xu mempunyai energi utama Wu (戊, tanah).

 

Ini menandakan bahwa saat terjadi clash, maka Wu akan dibebaskan, hal ini melambangkan perceraian atau akan berpindah tempat kediaman. Karena pada istana pasangan hidup, kita boleh menafsirkan bahwa ia akan berpindah tempat kediaman setelah menikah. Pada kenyataannya, ia memang berpindah tempat kediaman setelah menikah, yakni mengikuti suaminya.

 

Perhatikan pula bahwa Yi dan Gui akan dibebaskan. Ini adalah elemen yang baik. Oleh karenanya, setelah menikah suami tokoh wanita tersebut mendukung gagasannya dalam memajukan kaumnya. Sang suami mendukung pendirian sekolah bagi kaum wanita. Meskipun demikian, hal tersebut tidak berlangsung lama, tokoh wanita ini meninggal dalam usia muda. Beliau meninggal beberapa hari setelah melahirkan anak pertamanya, yakni pada tahun Chen. Dengan demikian nampak bahwa Chen sekali lagi menabrak Xu, sehingga bukan sesuatu yang baik.

 

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, metafisika, dan lain-lain, silakan bergabung dengan:

 

Advertisements